Sejarah Singkat

Berdasarkan SK Rektor Universitas Jember No: 7551 / PT.32.H / SK.D / C‘97., salah satu pasal menerangkan bahwa MKDU yang semula berbentuk jurusan dan berada di FISIPOL telah berubah menjadi UPT BSMKU dengan tugas menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran MKU, mengembangkan sistem pendidikan & pengajaran, serta melakukan penelitian dan berada di tingkat Universitas yang kegiatannya berada di bawah koordinasi Pembantu Rektor Bidang Akademik.

UPT BSMKU berfungsi untuk memberikan pelayanan akademis yang memadai dan mampu menciptakan atmosfir akademik yang kondusif agar secara signifikan mampu mendukung out put Universitas Jember berupa para lulusan yang profesional, kompetitif dan memiliki kepribadian serta mental yang baik. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan internal manajemen yang memadai serta didukung oleh sumberdaya manusia yang profesional dibidangnya masing-masing.

UPT BSMKU melaksanakan perkuliahan dengan konsentrasi penanaman nilai-nilai dasar etika moral dan nasionalisme yang termaktub dalam mata kuliah utama MKU yaitu: Pancasila, Agama, Pendidikan Kewarganegaraan. Proses perkuliahan MKU juga memberikan pengetahuan penerapan nilai dasar kepada mahasiswa agar mampu beradaptasi dengan lingkungan dan menjadi pelopor perubahan di masyarakat. Hal tersebut termaktub dalam Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat : Ilmu Sosial Budaya Dasar, Ilmu Alamiah Dasar.